Solidaritas Perempuan: Reklamasi Teluk Jakarta Hancurkan Sistem Sosial

AKURAT. CO, Ketua Solidaritas Perempuan Puspa Dewy mengatakan reklamasi teluk Jakarta memiliki dampak yang sangat buruk. Dampak reklamasi itu tidak hanya terhadap lingkungan tetapi termasuk pada penghancuran sistem sosial kehidupan masyarakat termasuk perempuan.

Oleh karena itu, dia mengatakan pembangunan reklamasi teluk Jakarta seharusnya melibatkan perempuan dan masyarakat di wilayah tersebut.

“Kami melihat pembangun peroyek reklamasi ini tidak melibatkan masyarakat dan kami dari solidaritas perempuan juga melihat tidak ada penekanan terhadap analisis situasi perempuan yang ada disana,” kata Dewi, Rabu (31/8).

Lebih lanjut dia mengatakan, perempuan pesisir dan nelayan berkontrubusi besar terhadap produksi ataupun pengelolaan perikanan. Namun sayangnya dalam beberapa proses pemabangunan reklamasi tidak pernah melihat atau melibatkan perempuan dan masyarkat setempat.

Padahal kata dia, perempuan pesisir dan nelayan juga memiliki hak yang sama untuk menentukan apakah mereka setuju atau tidak dengan proyek reklamasi tersebut.

“Nah ini tidak pernah dipertimbangkan dalam dokumen dan proses yang dilakukan pemerintah. Carut marutnya hal ini terjadi karena ada politik yang mendorong untuk percepatan proyek Rekramasi melalui proyek strategis nasional,” pungkasnya

Dewy menilai keputusan pemerintah terkait reklamasi teluk Jakarta sebagai salah satu proyek strategis nasional merupakan tindakan gegabah. Sebab menurut dia hal tersebut seharusnya dikaji secara konprehensif.

“Jadi dikatakan bahwa reklamsi teluk Jakarta untuk kesejahteran rakyat itu sudah terbantahkan, sedangkan pembiayaan reklamasi saja melibatkan swasta jadi ini kita sudah tahu reklamsi arahnya kemana,” pungkasnya.

Sumber: news.akurat.co
http://news.akurat.co/id-63039-read-solidaritas-perempuan-reklamasi-teluk-jakarta-hancurkan-sistem-sosial

Translate ┬╗