LOWONGAN STAF “Sekretariat Nasional Solidaritas Perempuan”

Sekretariat Nasional Solidaritas Perempuan mengundang Anggota Solidaritas Perempuan – Para Pejuang Kedaulatan Perempuan yang ingin melawan Patriarki, untuk menjadi bagian dari tim kami!

Solidaritas Perempuan (SP) merupakan organisasi feminis dengan anggota-anggota individu yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Organisasi ini didirikan sejak 10 Desember 1990, dan saat ini memiliki komunitas-komunitas di 12 wilayah yang berjuang dan bekerja bersama perempuan petani, perempuan nelayan, perempuan buruh migran, perempuan miskin kota, serta perempuan yang berada di wilayah dengan kebijakan diskriminatif. Selama lebih dari 33 tahun, SP, sebagai bagian dari Gerakan Feminis terus belajar, berproses dan berjuang untuk terus memperjuangkan hak-hak dan kedaulatan perempuan serta bersama gerakan lainnya berupaya mendorong tatanan sosial yang demokratis dan adil untuk mewujudkan tatanan sosial yang demokratis, berdasarkan prinsip-prinsip keadilan, kesadaran ekologis, menghargai pluralisme dan anti kekerasan yang didasarkan pada sistem hubungan laki-laki dan perempuan yang setara dimana keduanya dapat berbagi akses dan kontrol akses sumber daya alam, sosial budaya, ekonomi dan politik secara adil bagi semua. Kami percaya tanpa adanya kedaulatan perempuan, maka keadilan sosial tidak akan pernah terwujud.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai SP, juga bisa lihat di beberapa kanal berikut:
Website: http://www.solidaritasperempuan.org
Instagram: solidaritasperempuan
Facebook: solidaritasperempuan.sp

Saat ini, SP mencari Kawan-kawan baru untuk menjadi tim kami, sebagai staf Divisi Advokasi, Divisi Kampanye, dan Divisi Perencanaan, Monitoring, Pelaporan, dan Pembelajaran untuk memperkuat gerakan SP, agar dapat terus berkontribusi dalam memperluas gerakan feminis dan memperjuangkan kedaulatan perempuan.

Siapa saja yang bisa mendaftar?

Siapapun yang punya kriteria sebagai berikut:

  • Anggota Solidaritas Perempuan, diutamakan Perempuan
  • Mampu menginternalisasikan ideologi dan Nilai Solidaritas Perempuan ditempat kerja dan kehidupan sehari-hari
  • Bertanggung jawab, dan memiliki komitmen yang kuat untuk memperjuangkan keadilan dan kedaulatan perempuan
  • Memiliki integritas yang tinggi, jujur dan pekerja keras
  • Memiliki pengalaman dalam berorganisasi, serta mampu dan mau bekerja sama secara tim maupun individu dalam lingkungan kerja yang beragam.
  • Memiliki kemauan belajar yang tinggi dan percaya bahwa setiap orang memiliki pengetahuan dan kapasitas yang bisa dibagi satu sama lain
  • Siap melakukan kunjungan domestik maupun luar negeri sesuai dengan fungsi dan perannya
  • Mampu membangun relasi kerja dan komunikasi yang baik dengan anggota, komunitas SP dan perempuan akar rumput
  • Mampu mengelola kerja dengan baik, termasuk dalam menyesuaikan diri dengan dinamika kerja dan gerakan
  • Mahir mengoperasikan komputer, khususnya Microsoft dasar antara lain MS Office, MS Excel dan MS Power Point

Khusus untuk Divisi Advokasi:

Divisi Advokasi akan bekerja untuk mendorong kebijakan dan program pemerintah untuk dapat mengakui peran dan posisi perempuan, menjamin hak-hak perempuan, serta melindungi dan mendukung kedaulatan perempuan dalam konteks keadilan iklim. Di dalamnya termasuk mendorong perubahan maupun pencabutan kebijakan yang mendiskriminasi serta memperkuat penindasan dan ketidakadilan terhadap perempuan. Selain itu, juga melakukan advokasi kasus, khususnya kasus-kasus kekerasan dan pelanggaran hak yang dialami perempuan akibat dampak dari krisis iklim, termasuk proyek dan pendanaan perubahan iklim.

Kriteria yang dibutuhkan khusus untuk posisi ini, antara lain:

  • Mengetahui dan tertarik mendalami isu-isu/perjuangan hak perempuan, terutama dalam konteks keadilan iklim
  • Memiliki kemampuan dan pengalaman dalam melakukan advokasi kebijakan dan proyek, di antaranya adalah analisis kebijakan, lobby dan dialog, serta membangun aliansi.
  • Memiliki ketertarikan dan pengetahuan mendampingi perempuan berhadapan dengan hukum, khususnya penanganan kasus/bantuan hukum struktural. Termasuk di dalamnya mengelola data kasus, membuat analisis kasus dan opini hukum.
  • Memiliki kemampuan dalam berhadapan dengan perempuan korban/penyintas kekerasan
  • Diutamakan penguasaan bahasa Inggris yang baik, lisan maupun tulisan

Khusus untuk Divisi Kampanye

Divisi Kampanye akan bekerja untuk memperkuat gerakan SP dan feminis, dengan mengkonsolidasikannya bersama gerakan gerakan perempuan dan gerakan sosial lainnya di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Hal ini sekaligus dilakukan dengan menggalang dukungan publik untuk bersama-sama menggabungkan suara dan kepentingan perempuan, serta dalam mendorong kebijakan, program maupun penyelesaian kasus. Staf Kampanye juga akan berkoordinasi dan membangun serta mengkonsolidasikan strategi kampanye bersama Komunitas SP. Dalam menggalang dukungan publik, kita akan bergerak bersama kelompok muda, kolektif-kolektif pejuang perempuan, jurnalis, tokoh agama dan tokoh masyarakat progresif, serta akademisi.

Kriteria yang dibutuhkan khusus untuk posisi ini, antara lain:

  • Memiliki semangat untuk menyebarkan dan memperkuat gerakan feminis
  • Mengetahui dan tertarik mendalami isu-isu/perjuangan hak perempuan, termasuk di dalamnya dalam konteks keadilan agraria, dan kedaulatan pangan, keadilan iklim dan ekologis, hak-hak perempuan buruh migran dan keluarganya, serta hak seksualitas perempuan.
  • Memiliki kemampuan komunikasi lisan, maupun tertulis serta relasi interpersonal yang efektif
  • Memiliki inisiatif yang tinggi dalam menangkap isu-isu perempuan maupun momentum-momentum yang relevan untuk merancang kampanye terkait
  • Memiliki pengalaman dan kemampuan komunikasi digital dan media massa, termasuk Diutamakan memiliki pengalaman dalam menggunakan perangkat publikasi seperti InDesign/Photoshop/Canva.

Khusus untuk Perencanaan, Monitoring, Pelaporan, dan Pembelajaran (PMPP)

Perencanaan, Monitoring, Pelaporan, dan Pembelajaran bertujuan untuk memastikan program berjalan dan mendukung kerja-kerja dalam pencapaian mandat organisasi. PMPP juga bertugas untuk menjalin kerjasama dan berkoordinasi dengan pihak eksternal yang sejalan dengan garis politik sehingga mendapatkan dukungan untuk organisasi.

Kriteria yang dibutuhkan khusus untuk posisi ini, antara lain:

  • Memiliki semangat untuk menyebarkan dan memperkuat gerakan feminis
  • Mengetahui dan tertarik mendalami isu-isu/perjuangan hak perempuan, termasuk di dalamnya dalam konteks lingkungan dan keadilan agraria, keadilan iklim, serta hak-hak perempuan buruh migran dan keluarganya
  • Memiliki kemampuan komunikasi lisan, maupun tertulis serta relasi interpersonal yang efektif
  • Memiliki inisiatif yang tinggi dalam mencari penggalangan dana terutama pihak eksternal
  • Memiliki pengalaman dan kemampuan dalam perencanaan, monitoring, dan pelaporan, serta pembuatan proposal
  • Dapat berbahasa inggris (lisan maupun tulisan)

Apa yang bisa didapatkan?

Sebagai sebuah organisasi gerakan yang terus berproses dan belajar, tentunya setiap staf SP juga akan memiliki kesempatan untuk:

  • Bertemu dan berjuang bersama dengan perempuan akar rumput.
  • Mendapatkan penguatan kapasitas di tingkat internal, baik terkait ideologi feminis, pemahaman isu, khususnya isu-, maupun keterampilan dalam pengelolaan program, pengorganisasian, advokasi dan kampanye.
  • Mendapatkan kesempatan maupun dukungan untuk penguatan kapasitas yang diselenggarakan oleh pihak eksternal, baik dari organisasi-organisasi jejaring SP baik nasional, regional maupun internasional

Bergabung Bersama Tim Kami

Bagi Kawan-kawan yang terpilih, akan bergabung sebagai Staf Sekretariat Nasional Solidaritas Perempuan. Kawan-kawan akan bekerja bersama keluarga Solidaritas Perempuan di dalam tim yang memiliki semangat kekeluargaan, solidaritas, kesetaraan dan saling menghargai. Selain kerja-kerja yang dilakukan per-divisi, juga akan ada banyak kegiatan yang dilakukan bersama tim lainnya secara lintas divisi. Staf SP juga akan berkoordinasi bersama staf dan anggota SP di 12 komunitas, serta bekerja bersama berbagai organisasi, gerakan perempuan maupun gerakan sosial lainnya, yang menjadi jaringan SP baik di nasional, regional, maupun Internasional.

Tertarik Bergabung?

  • Kirimkan surat lamaran, beserta CV dengan disertai cerita atas alasan ingin bergabung bersama SP. Kawan-kawan juga dapat menyertakan gagasan dalam strategi untuk melawan patriarki. Silahkan disebutkan juga posisi mana yang ingin diisi.
  • Dokumen-dokumen di atas dikirimkan ke alamat email irna@solidaritasperempuan.org dan enday@solidaritasperempuan.org  atau melalui pos ke alamat Sekretariat Nasional Solidaritas Perempuan, JL. Jatisari no. 12A, RT 5/Rw 7, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540 – paling lambat 23 Februari 2024
  • Jika ada pertanyaan-pertanyaan atau informasi yang dibutuhkan, bisa disampaikan melalui alamat email di atas, bisa juga melalui telepon ke (62-21) 22788677, atau jangan ragu menanyakan langsung ke Kawan-kawan SP yang dikenal.

 

Sampai jumpa!
Salam Solidaritas

Translate »